General

Macam – Macam Mesin Fotocopy

Mesin fotocopy merupakan sebuah alat tekhnologi yang berfungsi untuk membuat salinan ke atas kertas dari dokumen, buku, maupun sumber lain. Mesin fotokopi pertama kali ditemukan oleh ahli fisikawan asal Amerika Chester Carlson pada tahun 1939. Mesin fotokopi menggunakan energi listrik statis untuk menggandakan naskah yang dinamakan xerografi. Mesin fotokopi lainnya dapat menggunakan tinta.

Jenis Mesin fotokopi yang telah ditemukan, antara lain:

  1. Mesin fotocopy kecil
  2. Mesin fotocopy standar
  3. Mesin fotocopy besar

Mesin fotokopi juga dikenal sebagai mesin fotokopi adalah perangkat yang membuat salinan dokumen dan gambar visual lainnya dengan murah dan cepat. Kebanyakan mesin fotokopi saat ini menggunakan teknologi xerografi yang merupakan proses yang menggunakan fusi panas. Mesin fotokopi juga dapat menggunakan teknologi seperti jet ink lainnya. Namun, ink jet digunakan pada perangkat yang lebih kecil.

Mesin fotokopi paling umum di pasar meliputi:

Mesin fotokopi mono
Ini hanya satu toner warna, biasanya mesin fotokopi hitam. Mesin-mesin ini memiliki berbagai ukuran mulai dari mesin fotokopi low-end, volume rendah hingga kecepatan tinggi, perangkat volume tinggi yang bisa lebih dari 100 halaman per menit.

Mesin fotokopi warna
Ini dapat disalin juga hitam. Mesin fotokopi warna digunakan untuk kartrid toner dan lebih banyak lagi yang berisi empat warna utama; Cyan, Yellow, Magenta, dan Black. Ketika warna-warna ini dicampur, semua warna lain dapat dibuat.

Mesin Fotokopi Jaringan
Mesin-mesin ini dapat dihubungkan ke jaringan kantor dan memungkinkan pencetakan jarak jauh, faks PC, serta fungsi Pindai ke. Sebagian besar kamera digital dan jaringan multifungsi memiliki kartu jaringan bawaan, atau tersedia secara terpisah.

Mesin Fotokopi Multifungsi
Ini adalah mesin fotokopi yang melakukan lebih dari sekedar tugas menyalin. Mesin fotokopi ini melakukan tugas-tugas seperti mencetak, menyalin, memindai, dan mengirim faks. File ke lokasi berbeda dengan fungsi perintah pemindaian ke folder (SMB), pindai ke e-mail, pindai ke FTP, pemindaian WSD, dan pindai ke USB. Mereka juga dapat mencetak dari perangkat portabel seperti laptop melalui USB atau koneksi nirkabel. Mereka juga memiliki dokumen pilihan finishing seperti buku lipat dengan jahitan sadel dan stapel.

Mesin Fotokopi Desktop
Mesin fotokopi desktop dirancang hanya untuk kertas A4 atau ukuran lebih kecil. Mereka hanyalah model kamera multi-fungsi yang dirancang untuk ditempatkan di atas meja.

Itulah sedikit pembahasan tentang bermacam-macam mesin fotocopy, dan tentunya seiring pesatnya perkembangan tekhnologi, maka akan tercipta juga mesin terbaru dengan fitur yang lebih canggih lagi.

Baca Juga: Keunggulan Fitur Canggih Dari Kyocera Ecosys M6535cidn


Produk Yang Mungkin Anda Cari