Artikel

Kode Error Canon iR 5000 dan Solusinya

Kode Error Canon iR 5000 dan Solusinya

Ada beberapa yang perlu di ketahui oleh pengusaha penggandaan dokumen atau fotocopy tentang masalah-masalah apa saja yang dapat muncul pada mesin fotocopy, tentunya dengan meminimalisir error yang terjadi dapat mendongkrak profit usaha didunia per fotocopy-an.

Kode Error Canon iR 5000 dan Solusinya

Berikut akan di bagikan beberapa tips kode error yang dapat muncul pada mesin fotocopy iR5000 dan solusinya :

  • Error E001 &  E003

Error E001 &  E003 ini paling sering terjadi di antara mesin fotocopy, hampir semua mesin fotocopy merek apapun pernah mengalami error ini muncul karena ada masalah pada blok pemanas mesin fotocopy, suhu pemanas mesin yang berlebihan. Solusinya adalah bongkar pemanas, dan buka Thermistor Mesin (bentuknya bulat menempel di upper pemanas mesin fotocopy) jika masih bagus bersihkan thermistornya.

Kerak yang menempel bersihkan dengan alcohol atau yang lainnya, namun hati-hati jangan sampai plastik yang menempel pada thermistor mesin sampai sobek. Bersihkan dan pasang lagi, setelan pemanas jangan terlalu kencang Error ini akan hilang dari mesin fotocopy.

  • Error E005

Error ini muncul karena sensor web pemanas mesin fotocopy mendeteksi web sudah hampir habis. jika web terlihat masih tebal di clear biasa lewat *28*. Namun jika tidak bisa kemungkinan sensor web mesin nya kotor/rusak. Jika webnya habis segera ganti web yang baru, jika perlu tambahkan minyak silicon pada mesin agar upper mesin fotocopy awet, tapi jangan terlalu banyak karena bisa membekas pada hasil copian.

  • Error E020

Error ini terjadi Karena sensor pada Mesin Fotocopy mendeteksi tinta yang hampir habis cek tinta di box toner/developing Isi tinta mesin di box toner atau langsung lewat developingnya. Jangan lupa setelah itu di clear Error lewat *28*.

 

  • Error E061 001

Penyebab munculnya error ini pada mesin Fotocopy adalah Karena letak Corona/wayer yang terlalu dekat dengan drum. Buka cover pintu, lepas box toner dan lepas corona atas, bersihkan dengan alcohol lalu pasang lagi dengan jarak agak jauh dari drum Mesin fotocopy.

  • Eror E225 000

Error yang satu ini agak bahaya dan bandel, karena jika Mesin Fotocopy mengalami Error 225 000 itu berarti CCD mesin nya bermasalah, solusi satu-satunya adalah di servis, tapi servis ini biasanya memakan waktu 1 bulan, ada solusi lain yaitu dengan membeli baru, atau untuk beberapa vendor menawarkan tukar tambah sehingga biaya yang di keluarkan tidak sebesar beli baru.

Untuk informasi saja, Harga CCD jika anda beli baru bisa mencapai 2 juta rupiah.

  • Eror E602 002

Error ini terjadi karena Harddisk mesin Fotocopy untuk menyimpan system mati, sehingga mesin tidak bisa melakukan Booting. Solusi satu-satunya adalah membeli harddisk baru…

  • Eror E824

Error ini terjadi karena fan wire atas mesin (akan terlihat jika membuka front door) mati/tidak berputar, anda bisa melepas socketnya, lalu pasang lagi dan clear error untuk mengecek apakah bisa berjalan karena biasanya hanya masalah terpasang kurang rapih. Tapi jika memang mati terpaksa beli baru.

  • Error E014

Error ini biasanya terjadi karena ada gear pemanas pada mesin fotocopy yang rompal, jika tidak biasanya peletakan gear kurang presisi. maka anda bisa meletakkan kembali gear nya dengan penuh presisi sehingga kinerja mesin pun kembali optimal tanpa Error.

Demikianlah beberapa faktor Error yang dapat terjadi pada mesin Fotocopy juga solusinya, semoga artikel ini bermanfaat. Salam Sukses.


Produk Yang Mungkin Anda Cari